BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 14 Oktober 2010

Hargai Perbedaan

Banyaknya falsafah dan ajaran yang mengajarkan kita tentang persatuan Indonesia yang menuju pada Bhinika Tunggal Ika. Mengajarkan bagiamana kita berbeda dalam artian memiliki keanekaragaman budaya dan etnik. Begitu seringnya kita dijejali tentang persatuan, tentang tidak membedakan orang lain karena berbeda daerah, budaya dan kebiasaan.

Namun apa yang terjadi dikenyataan saat ini begitu banyak ditemukan konflik masyarakat yang memilukan yang sebenarnya hanya berasal dari permasalahan yang kecil tapi bahkan menimbulkan pertumpahan darah dan korban.

Lalu siapa dan dimana letak kesalahannya ?

Kita bisa mengintropeksi diri sendiri. Masihkah didalam diri kita terdapat rasa diskriminasi, rasa membedakan dengan orang laion yang berbeda suku dengan kita ?

Masihkah kita menilai sinis terhadap aturan organisasi keagamaan yang lain dari yang kita anut ? Masihkah kita yang berasal dari kota besar memandang sebel;ah mata orang-orang yang berasal dari daerah (kota kecil ) ?

Mungkin ini contoh bibit-bibit yang menyebar diantara masyarakat.

Sekarang, bisa bagaimana kita berbicara tentang persatuan negara? bagiamana kita mengecam orang-orang –orang antar desa ynag berseteru dan menyalahkan pihak tertentu ketika kita menonton televisi ?kalau didalam diri kita sendiri masih terselip bibit-bibit semacam itu, janganlah kita memikirkan untuk memperbaiki hal yang besar, sementara kita belum memulai untuk memperbaiki hal yang kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar