BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 15 Maret 2012

Apa Itu Psikoterapi ?

Tugas 2. Psikoterapi

Psikoterapi

Jika diartikan secara harfiah, psiko atau psyche adalah jiwa sementara terapi adalah merawat, mengobati, menyembuhkan. Jika bahasakan, psikoterapi adalah sebuah proses untuk membantu, merawat dan menyembuhkan anda tentang masalah kehidupan yang anda hadapi, serta bagaimana cara untuk menangani masalah atau isu-isu dalam kehidupan Anda.

Dalam sejarahnya, psikoterapi berawal dari upaya menyembuhkan pasien yang menderita penyakit jiwa. Selama berabad-abad yang lalu dengan orientasi mistik dan sugesti, Teknik hypnosis kemudian digunakan oleh Jean Martin Charcot dan Paul Dubois untuk merumuskan dan menekankan peranan penting terhadap teknik berbicara (speech technique, talking cure) yang digunakan kepada pasien. Paul Dubois tercatat sebagai “The First Psychotherapiest”

Dasar psikoterapi : Manusia pada dasarnya bisa dan mungkin untuk dipengaruhi / diubah melalui intervensi psikologi yang direncanakan

Tujuan terapi (Korchin) :

1. memperkuat motivasi klien untuk melakukan hal yang benar

2. mengurangi tekanan emosional

3. mengembangkan potensi klien

4. mengubah kebiasaan

5. memodifikasi struktur kognisi

6. memperoleh pengetahuan tentang diri

7. mengembangkan kemampuan berkomunikasi & hubungan interpersonal

8. meningkatkan kemampuan mengambil keputusan

9. mengubah kondisi fisik

10. mengubah kesadaran diri

11. mengubah lingkungan social

Umumnya psikoterapi dianjurkan bila seseorang bergulat dengan kehidupan, masalah hubungan atau kerja atau masalah kesehatan mental tertentu, dan isu-isu atau masalah yang menyebabkan banyak individu yang besar rasa sakit atau marah selama lebih dari beberapa hari. Ada pengecualian untuk aturan umum, tetapi sebagian besar, tidak ada salahnya untuk pergi ke terapi bahkan jika Anda tidak sepenuhnya yakin Anda akan mendapat manfaat dari itu.


berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar