BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 27 Maret 2011

Kepribadian Sehat Menurut Psikoanalisa


KEPRIBADIAN SEHAT MENURUT PSIKOANALISA

Bagaimanakah kep[ribadian sehat menurut aliran psikoanalisa. Mungkin dpat kita lihat dalam konsep struktur mind oleh freud. Yang mana freud mengatakan struktur kepribadian terdiri dari 3 bagian penting, yaitu id, ego dan super ego.

· Id adalah struktur paling mendasar dari kepribadian, seluruhnya tidak disadari dan bekerja menurut prinsip kesenangan, tujuannya pemenuhan kepuasan yang segera.

· Ego berkembang dari id, struktur kepribadian yang mengontrol kesadaran dan mengambil keputusan atas perilaku manusia. Superego, berkembang dari ego saat manusia mengerti nilai baik buruk dan moral.

· Superego merefleksikan nilai-nilai sosial dan menyadarkan individu atas tuntuta moral. Apabila terjadi pelanggaran nilai, superego menghukum ego dengan menimbulkan rasa salah.

Setelah melihat hal ini, saya menyimpulkan bahwa kepribadian sehat yang sesuai dengan psikoanalisa ialah ketika ketiga hal penting tersebut ( id, ego, superego ) berjalan seimbang dan selaras, serta tidak ada ketimpangan. Namun disinilah keterbatasannya, bahwa untuk membuat ketiga sistem ini dapat seimbang itu tidak mudah karena setiap manusia memiliki kadar id, ego dan superego yang berbeda dengan prinsip pengaturan yang berbeda pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar